JUAL POHON BODHI | POHON BODY



Pohon Bodhi atau “Pohon Pencerahan” yang juga biasa dikenal dengan Pohon Bo yang memiliki nama latin Ficus religiosa adalah pohon yang dikenal dalam agama Buddha sebagai tempat Sang Buddha Gautama bersemedi dan memperoleh pencerahan. Pohon bodhi ini sangat dipandang suci oleh penganut agama Hindu, Buddha, dan Jainisme. Pohon Bodhi merupakan jenis tanaman beringin (fig) yang berasal dari India, Myanmar, Bangladesh, Nepal, Sri Lanka, Pakistan, China dan Indochina, yang merupakan anggota keluarga dari beringin atau buah mulberry. Diketahui juga sebagai pohon Bodhi Tree, Pippala Tree, Ashwatta Tree di India dan Nepal.

Menurut tradisi Buddhis, Siddharta Gautama akhirnya meninggalkan praktek tapa keras dan bersedia menerima persembahan susu dan madu dari seorang gadis muda. Beliau kemudian duduk dibawah pohon Bodhi dan bersumpah untuk tidak pergi beranjak sebelum mencapai pencerahan.

Setelah 49 hari bermeditasi dengan mendalam, Siddharta akhirnya mencapai cita-citanya dan menjadi seorang Buddha, “Dia Yang Tercerahkan”. Buddha sendiri tetap dalam posisi meditasi selama seminggu setelah pencerahanNya, kemudian berlatih meditasi jalan di sekitar pohon Bodhi selama seminggu lagi.

Spesifikasi pohon bodhi

Pohon Bodhi memiliki nama ilmiah Ficus Religiosa. Bibitnya berasal dari cangkokan, Cocok ditaman di dataran rendah – tinggi, dengan suhu panas maupun dingin dengan kebutuhan sinar matahari full sun penyinaran sepanjang hari) Jika ingin menananmnya di pot, direkomendasi ukuran pot dengan diameter 20-30 cm dengan media tanam yang digunakan adalah tanah humus atau tanah kompos, untuk itensitas penyiraman bisa dilakukan dengan satu kali dalam sehari.

Tinggi pohon bodhi bisa mencapai 30 meter dengan pohon bodhi diameter batang 3 meter, yang memiliki cirikhas yaitu daunnya yg berbentuk hati, panjang daun 10-17 cm dengan lebar 8-12 cm.

Pohon bodhi juga memiliki satu hal yang sangat menarik yaitu daun pohon bodhi akan selalu bergerak meski udara disekitar tenang, sama sekali tidak ada angin. Menurut para peneliti hal ini dapat dijelaskan secara ilmiah, dan menurut masyarakat Hindu dan Buddhist mempercayai hal ini sakral atau berhubungan dengan kepercayaan/agama.

Selain daun nya yang selalu bergoyang meski tidak ada angin, pohon bodhi juga selalu melepaskan oksigen disaat pagi hari, siang hari dan bahkan malam hari. Hal ini merupakan suatu hal yang unik karena biasanya pohon atau tanaman lain hanya melepaskan oksigen saat pagi hari dan siang hari, tidak ketika malam hari. Tanaman normal nya ketika malam hari hanya menggunakan sedikit oksigen yang telah mereka produksi ketika siang hari, juga menghisap sedikit oksigen dari luar (udara luar) serta tidak melepaskan oksigen sama sekali, karena mereka melakukan proses respirasi.